Selasa, 29 Desember 2009

Tugas P03: Pemrograman berbasis object


Apa itu Class? Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Pohon, Binatang dan lain lain.

Apa itu object? Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Binatang kita dapat membuat object Monyet, Ayam, Ular dan lain lain.

Keuntungan dari pewarisan dan kapan ini dibutuhkan ?
Keuntungan dari pewarisan adalah pemrogram atau programmer dapat menciptakan class baru dari class yang sudah ada, sehingga tidak perlu menuliskan code dari nol ataupun pengulangannya, namun tetap bisa menambahkan attribute dan atau method unik dari class itu sendiri

Perbedan Override dan overload :

Override:

a. mendefinisikan method dengan nama sama pada class yang berbeda.
b. konsep dapat di manfaatkan dalam beberapa kasus inheritance, di mana menginginkan penamaan method dengan nama sama namun berbeda dalam impelementasinya.

Overload:

a. mendefinisikan method dengan nama sama dalam satu class.
b. Konsep sering di gunakan dalam penggunaan constructor.